Tahlilan adalah Tradisi Islam Di Indonesia

Salah satu tradisi khas islam di Indonesia adalah tahlilan. Tahlilan secara bahasa berasal dari kata Halala, Yuhallilu, tahlilan yang artinya adalah membaca kalimat tahlil. Dalam istilah yang dipahami oleh masyarakat Indonesia, Tahlilan berarti dzikir dengan urutan tertentu sesuai dengan sanad urutan yang di dapat dari guru.

Tradisi Tahlilan tidak bid'ah


Tahlilan sendiri sebenarnya hanya istilah yang merujuk pada kegiatan rutin yang berisi dzikir yang pada umumnya dilakukan secara berjamaah. Tidak hanya sebagai kegiatan rutin, Tahlilan pun acap kali dilakukan ketika ingin mendoakan sesuatu seperti membeli motor baru, mendirikan rumah atau ada suatu hajat tertentu.

Permasalahan yang sering di panaskan adalah tahlilan kenduren. Tahlilan kenduren disamakan dengan aktifitas orang hindu sehingga dituduh tasyabuh. Padahal, kenyataan dilapangan tidak seperti itu, tidak ada sesembahan lain selainAllah, praktiknya pun tidak sama bahkan sangat jauh berbeda dengan amaliah orang hindu.

Karenanya, tahlilan sebagai tradisi islam di nusantara haruslah dipandaang sebagai amalan sunnah bukan sebagai amalan yang syirik, haram maupun bid'ah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel