Sholawatan apakah Syirik? Menguak Tradisi Islam Nusantara

Sholawatan biasanya dimaknai dengan membaca sholawat nabi. Karena diberi akhiran -an, maka didapat definisi kegiatan membaca sholawat. Apakah sholawatan bid'ah?

Tentu saja tidak.

Sholawatan adalah tradisi Islam Di Nusantara


Lagu Sholawatan
Tradisi Sholawatan Di Indonesia



Sholawatan yang bid'ah adalah jika sholawat tersebut mendoakan selain nabi Muhammad karena menganggap bahwa nabi Muhammad bukanlah nabi terakhir. Jika sholawat tersebut adalah untuk nabi muhammad, dengan tanpa sikap Ghulluw atau berlebihan yakni menganggap bahwa Nabi Muhammad SAW adalah Tuhan, maka sholawat tersebut tidaklah bid'ah

Tuduhan syirik dialamatkan kepada NU karena sering sholawatan dengan menggunakan sholawat yang ghoiru matsurat, sholawat memang dibagi dua yaitu sholawat matsurat dan ghoiru matsurot. Sholawat matsurat adalah sholawat yang redaksinya dari Nabi Muhammad sedangkan sholawat Ghoiru Matsurat redaksinya bukan dari Nabi Muhammad.

Baik Matsurat maupun Ghoiru Matsurat, keduanya boleh di lafalkan asalkan tidak ada keyakinan yang menyekutukan Allah. Dengan sholawatan, insya Allah hati akan dicintai oleh Nabi Muhammad. Karenanya, Sholawatan merupakan tradisi islam di nusantara yang perlu dilestarikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel